SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah : MI Al-Ikhlas Surabaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Program : V (Lima)
Semester : II (Dua)
Standar Kompetensi : Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model
Penilaian
Teknik penilaian Bentuk
Penilaian Contoh
Instrumen
6.1.Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya atau model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
Sifat-sifat cahaya
Membuat suatu karya atau model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
·1 Menjelaskan pengertian cahaya
·2 Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap)
·3 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung.
·4 Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
·5 Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna.
·6 Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
·7 Membuat alat optik sederhana.
·8 Membuat pelangi melalui percobaan sederhana.
·9 Menjelaskan pengertian cahaya
·10 Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap)
·11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung.
·12 Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
·13 Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna.
·14 Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
·15 Membuat alat optik sederhana.
·16 Membuat pelangi melalui percobaan sederhana.
Tes tulis
(Tugas individu)
Non Tes
Non Tes
Uraian
Penilaian unjuk kerja
Penilaian produk
Penilaian unjuk kerja
1. Jelaskan pengertian cahaya!
2. Sebutkan sifat-sifat cahaya!
3. Berikan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari!
4. Apa yang dimaksud benda gelap dan benda bening?
5. Sebutkan dua macam sumber cahaya!
Rubrik penilaian unjuk kerja
Rubrik penilaian produk
Rubrik penilaian unjuk kerja
4 Jam Pelajaran
4 Jam Pelajaran
Buku IPA untuk SD kelas V
LKS IPA
Sendok, senter, gelas aqua, air jernih, pensil, benda gelap dan benda berwarna, kaca
Buku IPA untuk SD kelas V
LKS IPA
Sebuah bola lampu bekas, pisau atau obeng, air jernih, sebuah plastik, karet gelang, kertas koran, kotak kardus bekas, gunting, pensil, penggaris, da buah cermin kecil berbentuk kotak, kaca, kertas koran, lakban atau lem kuat.
Surabaya, 14 Maret 2015
Guru Pamong Guru Praktik
Arofah, S.Ag Atik Musliyati Ningsih
NIP. 197002101997032001 NIM. D07212004
Mengetahui,
Kepala MI Al-Ikhlas
Dra. Hj. Zawida Abdullah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar