Senin, 07 Desember 2015

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah    :    MI Al-Ikhlas Surabaya
Mata Pelajaran    :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Program    :    V (Lima)
Semester    :    II  (Dua)

Standar Kompetensi     :    Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model
   


                    Penilaian   
    
       
                    Teknik penilaian    Bentuk
Penilaian    Contoh
Instrumen                

6.1.Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

























6.2 Membuat suatu karya atau model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.





   
Sifat-sifat cahaya

























Membuat suatu karya atau model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.

















   
·1    Menjelaskan pengertian cahaya
·2    Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap)
·3    Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung.
·4    Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.








·5    Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna.
·6    Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
·7    Membuat alat optik sederhana.
·8    Membuat pelangi melalui percobaan sederhana.



   
·9    Menjelaskan pengertian cahaya
·10    Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap)
·11    Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung.
·12    Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.








·13    Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna.
·14    Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
·15    Membuat alat optik sederhana.
·16    Membuat pelangi melalui percobaan sederhana.   
Tes tulis
(Tugas individu)
Non Tes























Non Tes   
Uraian

Penilaian unjuk kerja























Penilaian produk


Penilaian unjuk kerja












    
1.    Jelaskan pengertian cahaya!
2.    Sebutkan sifat-sifat cahaya!
3.    Berikan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari!
4.    Apa yang dimaksud benda gelap dan benda bening?
5.    Sebutkan dua macam sumber cahaya!

Rubrik penilaian unjuk kerja


Rubrik penilaian produk

Rubrik penilaian unjuk kerja


















   
4 Jam Pelajaran

























4 Jam Pelajaran













   
Buku IPA untuk SD kelas V
LKS IPA

Sendok, senter, gelas aqua, air jernih, pensil, benda gelap dan benda berwarna, kaca













Buku IPA untuk SD kelas V
LKS IPA


Sebuah bola lampu bekas, pisau atau obeng, air jernih, sebuah plastik, karet gelang, kertas koran, kotak kardus bekas, gunting, pensil, penggaris, da buah cermin kecil berbentuk kotak, kaca, kertas koran, lakban atau lem kuat.   

                                                                     Surabaya, 14 Maret 2015
Guru Pamong                                                        Guru Praktik


           Arofah, S.Ag                                                        Atik Musliyati Ningsih
  NIP. 197002101997032001                                                        NIM. D07212004
Mengetahui,
Kepala MI Al-Ikhlas


Dra. Hj. Zawida Abdullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar